web analytics

Pada tanggal 5 September 2018 Program Studi Teknik Industri melakukan kunjungan lapangan ke PT. Vitapharm. Perusahaan kosmetik yang telah berdiri 56 tahun ini memberikan kesempatan kepada 60 mahasiswa yang terdiri dari asisten dosen dan peserta mata kuliah Product Life Cycle Management untuk mengunjungi pabriknya. Diterima dengan ramah di ruang pertemuan di lantai III, para manajer PT. Vitapharm berkenan membagikan aktivitas yang berlangsung di perusahaan yang terletak di jalan Panjang Jiwo ini.

Bagian Marketing menjelaskan brand Viva yang merajai pasar kosmetik di Indonesia dan strategi mereka untuk masuk ke pasar online. Selain itu Viva juga mengeluarkan seri baru untuk menyasar pasar menengah atas yaitu Viva Queen. Berbagai penghargaan telah diterima oleh PT. Vitapharm, begitu juga dengan pencatatan di Rekor MURI. Bagian Distribusi menjelaskan peredaran produk Viva yang mencakup seluruh Indonesia, sedangkan bagian Produksi menjelaskan proses pembuatan kosmetik seperti lipstik, krim dan bedak. Setelah itu kami berkeliling ke pabrik.

Pertama kami ditunjukkan proses pemeriksaan kualitas yang terdiri dari laboratorium dan identifikasi produk yang selesai diproduksi. Identifikasi ini berguna jika kelak ditemukan penurunan mutu di pasar, perusahaan dapat segera mengambil tindakan berupa penarikan produk dengan identitas yang sama. Selanjutnya kami memasuki area lantai produksi yang luas dan bersih. Terlihat para pekerja memasang label dan memasukkan produk jadi ke kardus, sedangkan proses lainnya dilakukan secara otomatis oleh mesin. Kami juga ditunjukkan gudang barang jadi dan aktivitas di dalamnya.

Sekembalinya ke ruang pertemuan kami berkesempatan membeli dengan harga pabrik produk-produk Viva yang lengkap tersedia pada acara kunjungan ini. Kami juga melihat acara demo make over dengan tips kecantikannya, melakukan tanya jawab, dan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan oleh pihak PT. Vitapharm dan Universitas Surabaya.

Categories: Berita

UA-129886102-1