web analytics

Dalam rangkaian kegiatan Kerja Prakti I, 2 November 2018 merupakan hari yang tidak dilupakan bagi mahasiswa Teknik Industri. Pada tanggal tersebut digelar Seminar dan Expo untuk produk hasil karya mereka. Kerja Praktik I merupakan salah satu Mata Kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa dengan syarat sks tertentu. Mata Kuliah ini mengharuskan mahasiswa membentuk perusahaan fiktif yang beranggotakan lima orang. Perusahaan tersebut harus merancang, memproduksi, memasarkan produk yang inovatif dan sesuai dengan tema Kerja Praktik I semester ini. Tema untuk Kerja Praktik I pada semester ini adalah alat bantu beraktivitas untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Dengan tema ini diharapkan dapat menanamkan kepedulian mahasiswa untuk menerapkan keilmuan Teknik Industri pada masyarakat secara konkrit. Untuk merancang produk, mahasiswa diharuskan menggali customer needs pada anak-anak berkebutuhan khusus dibeberapa Sekolah Luar Biasa ataupun yayasan pembina anak berkebutuhan khusus.

Seperti pada semester-semester sebelumnya, produk hasil rancangan mahasiswa yang telah diproduksi di mini plant dipamerkan pada expo yang di gelar dari pukul 08.00 hingga pukul 15.00. Expo tersebut mengangkat tema “Inspired by disability” dengan tagline  bahagia, harapan dan inspirasi. Pada semester ini terdapat 14 kelompok mahasiswa yang memamerkan produknya beserta atribut yang mencerminkan visi-misi perusahaan fiktif mereka. Keempatbelas kelompok tersebut diharuskan mempresentasikan produk dan perusahaannya sesuai dengan tagline dan tema yang diberikan. Pada kegiatan expo tersebut, setiap pengunjung diberikan satu bola untuk memilih satu penampilan yang terbaik diantara keempatbelas kelompok tersebut. Penampilan tersebut dapat dinilai dari tampilan booth, produk, kerapian serta interaksi peserta pameran.

 

Di tempat yang berbeda dengan Expo, di ruang kelas Magister Teknik Industri digelar seminar terkait dengan tema Kerja Praktik I. Peserta seminar ini adalah guru, terapis ataupun pembina dari Sekolah Luar Biasa. Tema seminar KP I adalah “Dari guru dan pendamping yang bahagia, tumbuhlah anak-anak didik yang progresif”. Acara tersebut dimulai pada pukul 8.30 hingga 11.00 dengan 25 peserta. Sebagai pembicara Ibu Dra. Irma Windra Syahrial, M.M membangkitkan motivasi peserta seminar yang sebagian besar adalah guru dari SLB. Acara tersebut berjalan dengan sangat baik dan interaktif. Selepas acara seminar, peserta diajak untuk mengunjungi expo dan menilai hasil karya mahasiswa. Tidak sedikit peserta seminar merupakan responden dari mahasiswa saat melakukan penggalian kebutuhan pelanggan di awal Kerja Praktik I.

Secara keseluruhan kedua acara tesebut berlangsung dengan sangat baik dan lancar. Dari tim skenario Kerja Praktik I berharap dengan desain kegiatan serta tema ini, mahasiswa mendapatkan value sebanyak-banyaknya baik hardskill, softskill ataupun kepekaan sosial sehingga keilmuan dapat bermanfaat secara nyata.    

UA-129886102-1