web analytics

Dalam upaya perbaikan berkelanjutan dan peningkatan kapabilitas staf akademik dalam menghadapi tren Industry 4.0, Prodi TI UBAYA mengadakan pelatihan data mining “To be a Data Scientist & Analyst in Industry 4.0” yang difasilitasi oleh pakar data scientist dari Universitas Indonesia yaitu Dr. Komarudin, S.T., M.Eng. Pelatihan yang berlangsung selama 7 – 9 Jan 2019 diikuti oleh 20 sivitas akademika Fakultas Teknik Ubaya, diantaranya ada 11 dosen dan 4 mahasiswa Prodi Teknik Industri, dan 4 dosen Fakultas Teknik berbagai prodi.

Pelatihan diawali dengan pemaparan bahwa pekerjaan “Data Scientist” telah berkembang menjadi salah satu “the sexiest job” di era Industry 4.0 ini; ilmu dan konsep Teknik Industri seperti Industrial Engineering math & statistics, operation research, modeling, database system dan computing skill mampu mendukung seorang lulusan TI berpeluang sebagai Data Scientist (bekerja sama dengan Data Engineer yang biasanya berlatar belakang  Sarjana Komputer) untuk mengolah BIG DATA dalam membantu industry membuat keputusan bisni

s yang lebih baik. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan dua software untuk membantu proses analisis data, yaitu KNIME dan R. Sebuah open source software buatan Jerman bernama KNIME diperkenalkan pengunaannya dan aplikasinya dalam menjalankan aktivitas data mining mulai dari estimasi, prediksi, klasifikasi, kluster dan hubungan asosiasi. Software lainnya adalah R dieksplorasi lebih lama mulai dari pemaham

an konsep dasar R dan bahasa syntax yang umum dipakai sampai penggunaan provided package di dalam membuat visualisasi dan analisis data. Aplikasi text mining dengan software R diujicobakan pada HARRY POTTER novel fantasi berserial tujuh karangan J.K. Rowling dan data mining dari Twitter terkait jaringan pembicaraan dan komentar terkait tokoh pemimpin tertentu.

Pelatihan diakhir dengan penyerahan sertifikat kelayakan sebagai seorang DATA SCIENTIST, pemberian penghargaan dari Prodi TI Ubaya kepada fasilitator dan pemberian suvernir kepada beberapa peserta pelatihan terpilih. SELAMAT! (ed. YS)

Categories: Berita

UA-129886102-1