web analytics

Source : Posted by Kaprodi MTI

Salah satu dosen Teknik Industri Universitas Surabaya, Assoc. Prof. Dr. Eric Wibisono, diundang menjadi dosen tamu (visiting professor) di Kasetsart University, Bangkok, Thailand, dari tanggal 3 hingga 11 Agustus 2019. Dr. Eric dipercaya mengajar pada International Graduate Program (IGP) di School of Industrial Engineering, Kasetsart University. Mata kuliah yang diampu adalah Production Planning & Inventory Control yang juga diampu Dr. Eric di Teknik Industri Ubaya. Mahasiswa yang tergabung di IGP berasal dari Thailand, Kamboja, dan India. Sebagai program internasional, perkuliahan dan diskusi sepenuhnya berlangsung dalam Bahasa Inggris. Berikut adalah wawancara singkat dengan beliau.

 

T: Bagaimana awal mula hingga Bapak bisa diundang menjadi dosen tamu di Kasetsart University?

J: Awalnya dari networking, kebetulan saya punya teman di sana yang mengusulkan saya untuk diundang mengajar.

 

T: Ada berapa banyak mahasiswa dan dosen yang terlibat?

J: Di mata kuliah itu (PPIC) ada 12 mahasiswa dan dua dosen. Selain saya, juga ada dosen dari negara lain yang mengajar dalam satu tim.

 

T: Bagaimana kesan-kesan Bapak selama beraktivitas di sana?

J: Satu hal yang menarik adalah masih tingginya minat di kalangan generasi muda di Thailand untuk mempelajari ilmu keteknikan. Program studi teknik mesin, misalnya, yang di Indonesia kurang diminati, di sana masih menjadi salah satu program unggulan, karena dicari oleh pasar kerja. Kalau generasi muda kita tidak berubah mindset-nya, besok kita akan kekurangan engineer dan hanya bisa impor dari negara lain dengan biaya lebih mahal.

 

T: Apa harapan Bapak ke depan?

J: Sangat menyenangkan bisa dipercaya untuk mengajar di sana, sekaligus ini membuktikan bahwa TI Ubaya siap untuk go international. Saya berharap kelak bukan hanya staf pengajar yang saling berkunjung, tapi juga terbuka peluang untuk pertukaran mahasiswa, baik dari Thailand ke Indonesia atau sebaliknya.

Source link : http://tipasca.ubaya.ac.id/diundang-sebagai-visiting-professor/

Categories: ArtikelBerita

UA-129886102-1